Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Baru Kenal Bisnis Bitcoin? 8 Kata Penting Dalam Kamus Bitcoin ini Wajib Kamu Ketahui

Delapan Kata Penting Dalam Kamus Bitcoin ini Wajib Kamu Ketahui - Jika kamu baru tahu dan mulai mendalami Bisnis Bitcoin, nampaknya sekarang kamu ada dalam kontent yang tepat untuk mendalamainya. Sebab dari sini kamu akan dapat mempercerah pengetahuan dan keingintahuan kamu seputar dunia bisnis bitcoin. Informasi ini saya kutif dari blog bitcoin yang merupakan media informasi dari trading web vip.bitcoin.co.id (Sekarang berubah nama menjadi INDODAX)

Bisnis Bitcoin
Picture by pixabay.com

Sebenarnya disini saya bukan berlaga pintar dalam memberikan konten seputaran bitcoin, hanya saja memang pernah mengalami. Kalau berbicara Bitcoin sudah pasti kawan-kawan sudah lebih dulu tahu dan Satoshi Nakamoto pasti juga sudah tahu.Untuk itu kali ini saya akan share secara sederhana untutk beberapa kata dalam kamus bitcoin yang biasa dipergunakan.

1. Bitcoin Address

Alamat Bitcoin, atau Public Address, merupakan alamat yang digunakan untuk menerima pembayaran Bitcoin. Layaknya nomor rekening bank, alamat Bitcoin dapat diberikan ke orang lain ketika bertransaksi dan Bitcoin akan terkirim ke alamat tersebut. Pengguna bitcoin dapat membuat banyak alamat Bitcoin berbeda di dalam dompet Bitcoinnya, dan tentunya dapat dilakukan secara gratis.

2. Bitcoin Wallet

Bitcoin Wallet, atau dompet Bitcoin, bisa berupa aplikasi mobile atau akun online yang digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan Bitcoin. Setiap wallet memiliki Private Key yang perlu dirahasiakan dari publik, dan Public Address yang dapat disebar untuk menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin. Wallet yang terinstal di smartphone dapat dengan mudah diamankan sehingga bila smartphone itu hilang atau terhapus aplikasinya, si pengguna tetap bisa mengakses Bitcoinnya. 

Baca juga : Bisnis Bitcoin, Investasi Uang Digital Yang Profitnya Menjanjikan
 

3. Google Authenticator

Google Authenticator adalah sebuah aplikasi yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna mengamankan akun di situs online, seperti e-mail dan tentunya dompet Bitcoin. Google Authenticator (GA) dapat digunakan sebagai salah satu bentuk 2 Factor Authentication. Ketika pengguna melakukan login, mereka akan dimintai pin yang diciptakan dari aplikasi ini. Pin GA berisi 6 angka yang secara rutin akan berganti setiap 30 detik. Pengguna dapat mendownload dan menginstall GA di browser Google Chrome, tab maupun smartphone.

4. Cryptography

Cryptography adalah cabang ilmu matematika yang memungkinkan kita membuat bukti transaksi dalam bentuk perhitungan matematika dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Perusahaan e-commerce dan lembaga perbankan sudah menggunakan Cryptography. Dalam kasus Bitcoin, Cryptography diaplikasikan pada sistem sehingga mustahil bagi seseorang untuk menghabiskan uang dari dompet pengguna yang lain atau merusak rantai blok dalam jaringan Blockchain. Cryptography juga dapat digunakan untuk mengenkripsi  dompet Bitcoin, sehingga tidak akan bisa digunakan tanpa password.

Baca juga: Trik Marketing Sederhana ini Dijamin Membuat Usaha Kamu Makin Laris Manis

Kamu Baru Kenal Bisnis Bitcoin? 8 Kata Dalam Kamus Bitcoin ini Wajib Kamu Ketahui

5. Market Taker

Market Maker, sebutan untuk pengguna bitcoin yang melakukan kegiatan membeli/menjual Bitcoin dengan menggunakan harga sendiri. Bila di sebuah Bitcoin Exchange, harga Bitcoin saat ini Rp 5.000.000/BTC dan orang tersebut memasang order  dengan harga sendiri maka mereka bisa disebut seorang ‘Market Maker’ dan setelah itu orderannya akan turut mengantri di dalam Order Book. Proses pembelian/penjualan Bitcoin baru akan tereksekusi ketika harga pasar menyentuh harga order yang ia pasang.

6. Deposit

Istilah deposit merujuk pada proses menambahkan atau memasukkan (top up) saldo Bitcoin atau mata uang lokal (contoh USD, EUR, Rupiah) ke dalam akun pengguna di situs suatu perusahaan. Proses deposit biasanya dilakukan ketika seseorang ingin membeli/menjual Bitcoin di sebuah Bitcoin Exchange atau berinvestasi Bitcoin di situs-situs Cloud Mining atau  HYIP. Proses deposit Bitcoin kerap membutuhkan 1-6 konfirmasi hingga saldo Bitcoin yang didepositkan muncul di akun pengguna. Hal ini dilakukan untuk menghindari Double Spending

7. Faucet

Faucet adalah sebutan untuk situs-situs yang memberikan Bitcoin gratis kepada penggunanya tiap kali mereka berhasil memenuhi persyaratan tertentu, seperti: menonton iklan, menjawab survey, memainkan game, dll. Faucet kerap digunakan oleh para pengguna Bitcoin untuk mengumpulkan Bitcoin meskipun dalam jumlah kecil karena mereka tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk berpartisipasi. Informasi lebih lanjut mengenai faucet, dapat dilihat di Forumbitcoin.co.id.

8. Withdraw

Istilah ‘Withdraw’ merujuk pada proses penarikan / pemindahan saldo Bitcoin atau mata uang lokal (USD, EUR, Rupiah) ke wallet pribadi atau rekening bank  pengguna. Di sebuah Bitcoin Exchange, ketika Bitcoin sudah dijual, para trader akan menarik saldonya ke rekening  bank mereka. Atau sebaliknya, ketika mereka sudah  membeli Bitcoin, mereka akan memindahkan  saldo Bitcoinnya ke wallet pribadi mereka. Inilah yang disebut dengan proses withdraw. Proses penarikan ini juga berlaku di situs-situs Cloud Mining atau HYIP dimana member bisa menarik Bitcoin mereka ke wallet pribadinya.

Itulah 8 kata penting dalam Kamus Bitcoin yang wajib kamu ketahui, tapi saya yakin tentunya kamu sudah sering mendengarnya. Untuk mengetahui sebutan-sebutan lain dalam dunia bitcoin kamu bisa melihatnya di https://blog.bitcoin.co.id/glossary/
 
 

Post a Comment for "Kamu Baru Kenal Bisnis Bitcoin? 8 Kata Penting Dalam Kamus Bitcoin ini Wajib Kamu Ketahui"